ABSTRAK
Metode pengoperasian motor induksi
3-fasa pada sistem tenaga listrik 1-fasa dengan menggunakan kapasitor telah
berkembang dengan baik. Metode ini digunakan karena mempunyai respon kecepatan
yang cepat pada motor, arus start yang kecil dan perbaikan faktor daya hingga
mendekati satu. Karakteristik motor saat beroperasi tergantung dari letak dan
nilai kapasitor jalan yang digunakan pada motor. Penelitian ini dimaksudkan
untuk membuatkan metode baru dalam meletakkan dan memilih kapasitor jalan untuk
mengoperasikan motor induksi 3-fasa pada sistem tenaga listrik 1-fasa. Data
motor yang digunakan adalah motor induksi 3-fasa 1,5 kW; 220/380V; Δ/Y; 50 Hz; 6,2/3,6A; 1400 rpm; kelas B;
factor daya 0.84 tertinggal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa motor bekerja
lebih baik dan lebih efisien jika kapasitor jalan diletakkan pada sisi kumparan
dengan impedansi yang lebih besar. Motor dapat bekerja dengan menggunakan kapasitor
25,9μ F pada beban 95,14%, kecepatan 1400
rpm, faktor daya 0,99 mendahului, dengan distorsi harmonik arus yang lebih
rendah.
Kata kunci: rangkaian kapasitor, nilai kapasitansi, daya semu pada
motor (VA)
PENDAHULUAN
Pengoperasian
motor induksi 3-fasa pada system tenaga listrik AC 1-fasa sangat dibutuhkan
pada daerah pertanian, industri kecil dan daerah tertentu yang hanya mempunyai
sistem tenaga listrik 1-fasa,
sedangkan mereka membutuhkan motor penggerakdengan daya yang besar (motor
induksi 3-fasa) yangsecara normal
harus dioperasikan pada sistem tenagalistrik 3-fasa [1,2]. Salah satu cara agar
motor induksi3-fasa dapat digunakan dengan baik pada kondisi iniadalah dengan
mengoperasikan motor induksi 3-fasapada sistem tenaga listrik 1-fasa dengan menggunakan
kapasitor [1,3].
Dalam
sistem pengoperasian motor induksi 1-fasa, kapasitor boleh diletakkan pada sisi
kumparan bantu (impedansi lebih besar) atau pada sisi kumparan utama (impedansi
lebih) asal kapasitor yang digunakan dapat menggerakkan motor [4]. Berdasarkan
kondisi ini, maka penelitian ini dimaksudkan
untuk
merancang metode baru dalam mengoperasikan motor induksi 3-fasa pada sistem
tenaga 1-fasa dengan cara menempatkan kapasitor pada sisi kumparan dengan
impedansi yang lebih besar (kumparan bantu).
Secara
umum, untuk mengoperasian motor induksi 3-fase pada sistem tenaga 1-fase dengan
menggunakan kapasitor dapat dilakukan dengan cara mengubah bentuk rangkaian
kumparan motor induksi 3-fase menjadi seperti rangkaian motor induksi 1-fase
jenis motor kapasitor, seperti yang ditunjukkan pada Gambar 1.
Pengaruh
besarnya arus yang melewati kapasitor (IC)
terhadap tegangan yang diberikan pada kapasitor
(VC) dapat dibuatkan sebagai berikut.
I C = ω.C..V (1)
dengan
:
ω = 2.(3,14).( f )
f = frekuensi
sumber (Herz)
C
= kapasitansi kapasitor (Farad)
Bila
diinginkan motor induksi 3-fasa bekerja pada sistem tenaga 1-fasa tanpa
melewati batas arus nominal kumparannya (Iph),
maka nilai kapasitansi kapasitor (C) yang dipakai adalah:
I ph
c = ______ (2)
Vc * ω
Besarnya
daya reaktif (VARC)
yang disumbangkan kapasitor C adalah :
VARC = VC
x
IC (3)
VARC ini akan menjadi daya semu (VA) motor
induksi 3-fasa saat beroperasi pada sistem tenaga 1-fasa.
Bila
VAR3ph merupakan daya
reaktif motor saat beroperasi pada sistem tenaga 3-fasa, maka besarnya
daya
reaktif motor induksi saat beroperasi pada sistem tenaga 1-fasa (VARM) adalah:
VARM = VARC3h
–
VARC (4)
Kemudian
besarnya arus (IL),
faktor daya (cosφ ) dan daya masukan motor (PL) saat beroperasi pada system tenaga
1-fasa adalah:
VAR C
I L =
______ (5)
V
VAR M
Sin φ = ______ (6)
VAR C
cosφ = cos(sin−1φ ) (7)
PL =VARC .cosφ
cos (8)
Bila
digunakan kapasitor start pada sisi kumparan bantu untuk menstart motor induksi
3-fasa pada
sistem
tenaga 1-fasa, maka besarnya nilai reaktansi kapasitif dari “kapasitor-start”
untuk menstart motor dapat dicari berdasarkan besarnya nilai torsi start
maksimum dengan mengacu ke persamaan di bawah ini [7].
RaRm
Xc
= Xa
+ ______ (9)
|Zm|+Rm
Atau dapat juga
dengan pemilihan torsi start maksimum per amper[7] seperti rumus dibawah ini[8]
-XmRa+Rm |Zm| (Ra (Ra+Rm))1/2
Xc
= Xa
+ _________________________ (10)
Rm
dengan :
Xc = reaktansi
kapasitif dari kapasitor start yang akan digunakan
Xa = reaktansi induktif dari kumparan bantu
Xm = reaktansi
induktif dari kumparan utama
Ra = tahanan
dari kumparan bantu
Rm = tahanan
dari kumparan utama
Zm = impedansi kumparan utama
Untuk
memperoleh nilai Xc yang sesungguhnya dari kapasitor yang digunakan, harus
diperoleh dahulu nilai impedansi dasar dari motor induksi yang digunakan dengan
menggunakan rumus sebagai berikut :
V2
Z d =
______ (11)
VA
Senang mendengar kemajuan pemikiran tentang energy alternatif. Coba deh lihat di www.gravitypower-generator.blogspot.com , di ssana ada keterangan dan tenaga gravitasi yg sudah bisa dirubah menjadi electrik dengan daya besar.
BalasHapusgambarnya tidak muncul :'(
BalasHapus